Perulangan Menggunakan For di php

Untuk yang baru belajar program pasti merasa bingung dengan guna perulangan ini. Setelah mulai belajar (baru belajar), mereka sering menganggap perulangan hanya untuk menyelesaikan persoalan kecil.

Perulangan atau dalam bahasa inggris disebut loop adalah instruksi untuk mengulang perintah. Perintah yaitu kode program yang akan di jalankan, misal echo untuk cetak dilayar. Akan tetapi dalam praktek sesungguhnya perintah yang dimaksud tidak sekedar mencetak di layar.



Ada dua macam perulangan:
  1. Counted loop
  2. Uncounted loop
Perulangan yang pertama adalah untuk jumlah perulangan terhitung (counted). Jumlah perulangan terhitung maksudnya adalah banyaknya perulangan yang akan dibuat bisa diketahui atau ditetapkan jumlahnya. Sedangkan uncounted adalah perulangan yang banyaknya perulangan belum diketahui. Berikut ini perulangan-perulangan yang ada di php.
  1. Perulangan For
  2. Perulangan While
  3. Perulangan Do/while
  4. Perulangan Foreach

1. For
Perulangan dengan for termasuk kedalam perulangan terhitung, ini dikarenakan jumlah perulangan dapat ditentukan dari test counter. Untuk jelasnya anda dapat melihat di syntax dan contoh program. Untuk sesuatu yang belum jelas berapa jumlah perulangnya, tidak bisa menggunakan for ini.

Akan tetapi, anda bisa menggunakan for selagi anda bisa menetapkan test counter nya. Selagi test conter (biasanya jumlah total) bisa anda cari atau dapatkan anda bisa menggunakan for. Tergantung anda lebih suka menggunakan perulangan yang mana dari ke empat contoh di atas.

Syntax

for (init counter; test counter; increment counter) {
    code to be executed for each iteration;
}

Init counter maksudnya adalah nilai awal, test counter yaitu pengujian nilai, dan incerement counter adalah nilai menaik satu.

Contoh

<?php
for ($i=1; $i<=10; $i++) {
    echo "Perulangan ke".$i;
}
?>

Hasilnya perulangannya seperti ini.


Gambar Contoh Perulangan Dengan For

Selain menaik perulangan juga bisa menurun seperti contoh ini.

Contoh

<?php
for ($i=10; $i>=1; $i--) {
    echo "Perulangan ke".$i;
}
?>

Apa perbedaannya dengan perulangan menaik? nilai init couter ditukan dengan test counter dan sebaliknya. Selanjutnya tanda lebih kecil diganti dengan tanda lebih besar pada test counter. Terakhir increment counter diganti dengan decrement counter.

Gambar Perulangan Menurun dengan For

Selain perulangan menaik dan menurun ada lagi yang dapat orang lakukan dengan for yaitu perulangan dalam perulangan. Dari pengalaman penulis orang yang menggunakan perulangan dalam perulangan ini biasanya untuk menyelesaikan algoritma (masalah dalam membuat programnya). Perulangan dalam perulangan ini termasuk jarang digunakan.


Contoh

<?php
for ($baris=1; $baris<=3; $baris++) {
for ($kolom=1; $kolom <=5 ; $kolom++) {
echo "Perulangan di baris".$baris." dan kolom ".$kolom."<br>";
}
echo "<br>";
}
?>

Hasil perulangan dalam perulangan kode diatas seperti ini.

Gambar Perulangan dalam Perulangan dengan For

Sekarang contoh perulangan yang terakhir yang bisa kalian dengan for. Dari beberapa contoh perulangan dengan for di atas semuanya menaik satu (increment) atau menurun satu (decrement). Lalu bagaimana jika pada program yang anda buat menaik dua atau menurun dua? anda tinggal ganti saja bagian increment atau decrement nya.

i++ itu sama dengan i=i+1 sama dengan i+=1
Dengan cara seperti diatas anda bisa membuat.

i=i+2 atau i+=2 untuk menaik 2

i=i-2 atau i-=2 untuk menurun 2

Terima kasih..

Popular posts from this blog

Cara Membuat Kalkulator Dengan Java Script

Cara membuat Link ke Halaman lain dan Link ke bagian Halaman

Aplikasi CRUD menggunakan Template Admin LTE