Cara Mengirim Nilai Antar Halaman Menggunakan Variabel di PHP

Terkadang kita harus membawa nilai dari sebuah halaman untuk hamalan yang dituju. Perpindahan dari satu halaman ke halaman lain di html dikenal dengan istilah link.

Pertanyaan yang mungkin anda fikirkan adalah seberapa bermanfaat cara ini?  Jawabanya adalah sangat bermanfaat / dibutuhkan, sejauh saya membuat program dengan php sagat diperlukan. Saya sering dihadapkan dengan membawa nilai dari satu halaman ke halaman lain.


Baca juga link dan macam-macam nya.

Logika yang terlintas,  jika berpindah halaman dapat diselesaikan dengan link, maka bagaimana caranya jika saat berpindah membawa nilai? Salah satu caranya adalah dengan membawa variabel di link tersebut.


<!--nama file kirim.php-->
<a href="terima.php?hal=home&nama=budi"><input type="button" value="home"></a>
<a href="terima.php?hal=about"><input type="button" value="About"></a>


Gambar tampilan kirim.php

Untuk mengririm nilai dengan variabel caranya setelah url diikuti ? Selanjutnya adalah nama variabelnya (variabel name) diikuti tanda = dan nilai (value). Tanda & digunakan untuk memisahkan variabel dan nilai selanjutnya. Sebagai saran usahakan tidak ada spasi.

<!--nama file terima.php-->
<?php
 if($_GET['hal']=='home'){
    echo "Selamat datang $_GET[nama], ini adalah halaman Home";
}elseif($_GET['hal']=='about'){
    echo "Ini adalah halaman about";
}
?>

Jika tombol home di klik maka halaman akan berpindah ke terima.php dengan membawa variabel hal dan nama. Variabel hal isi nya home dan variabel nama isinya budi.

Baca juga Kondisi di PHP dan contoh-contoh kasus

Untuk mengambil variabel yang ada di link, maka harus menggunakan $_GET['nama_variabel'] dan menggunakan kode php.


Gambar tampilan kirim.php


Perhatikan link di atas, maka jelas terlihat variabel hal dan nama di link. Pertanyaanya apakah variabel/nilai bisa dimodifikasi langsung dari link? jawabannya bisa. Jika tombol about di halaman kirim.php diklik hasilnya seperti ini.

Variabel hal sekarang bernilai about, yang diambil dengan $_GET['hal'] di terima.php. Kondisi elseif terpenuhi, maka perintah  echo "Ini adalah halaman about";   dikerjaka.

Sebagai penutup, selain di tag a (<a> anchor) dimana variabel ini bisa disertakan? Jawabannya adalah di fungsi header() php.
contoh:

<!--nama file re-direct1.php-->
<?php
 header("location:index.php?pesan=login_sukses");
?>

Nah, pada penggalan kode di atas, variabel yang dikirim adalah pesan dengan nilai login_sukses. Untuk memahami terntang header baca cara redirect halaman dengan php.




Popular posts from this blog

Cara Membuat Kalkulator Dengan Java Script

Cara membuat Link ke Halaman lain dan Link ke bagian Halaman

Aplikasi CRUD menggunakan Template Admin LTE