Kondisi di PHP dan contoh-contoh kasus

Kondisi merupakan bagian yang sangat penting dalam memprogram. Kondisi bisa diibaratkan sebagai percabangan. Seperti di dunia nyata, kondisi diperlukan karena tidak semua hal dapat diperlakukan sama. Kondisi mengacu pada nilai benar atau salah, jika benar maka dikerjakan dan jika salah di lompati.



Di dalam php ada beberapa cara untuk menuliskan sebuah kondisi atau percabangan.

1. IF-Else

If-else ini cukup ampuh digunakan untuk membuat percabangan atau kondisi. Jika diartikan If-Else adalah jika ... maka dan selain dari itu maka. if-else ini akan mengecek kondisi benar atau salah, dan apa yang harus dilakukan.

Syntax

if (Kondisi){
  Pernyataan
  //jika kodisi terpenuhi
}else{
  Pernyataan
  //jika kondisi tidak terpenuhi
}

Contoh

<?php
$level='admin';
if ($level=='admin'){
  echo "Selamat datang admin.";
}else{
  echo "Anda bukan admin.";
}
?>

Operator == di atas adalah operator perbandingan bukan penugasan. Seperti diketahui hasil dari operator perbandingan adalah true or false (benar atau salah). Jika benar maka kode yang ada dalam kurung kurawal di jalankan.
Gambar contoh if

Perhatikan contoh di atas kondisi yang kita cek adalah isi variabel $level. Jika isi $level adalah admin maka dilayar akan diceta Selamat datang admin. Karena kondisinya benar, maka pernyataan cetak dilayar dikerjakan dan selain itu (else) tidak dikerjakan. Kalau dihitung kondisi yang bisa diselesaikan dari contoh di atas baru dua kondisi, lalu bagaimana jika kondisi atau cabangnya lebih banyak. yaitu dengan menggunakan elseif.

Contoh

<?php
$level='user';
if ($level=='admin'){
  echo "Ini adalah halaman admin.";
}elseif($level=='user'){
  echo "Ini adalah halaman user.";
}else{
  echo "Halaman yang dimaksud tidak ditemukan!";
}
?>

Gambar contoh elseif

Nah, contoh diatas sudah menangai tiga kondisi yaitu jika variabel $level berisi admin, user dan selain dari itu. Lalu bagaimana cara membuat kondisinya empat atau lebih ? cara nya yaitu tiggal duplilat bagian elseif saja lalu sesuaikan.

Kesimpulannya kondisi harus memiliki nilai benar atau salah. Operator yang digunakan pada kondisi umumnya dua jenis operator, yaitu operator perbandingan dan operator logika. sekarang apa saja yang bisa dijadikan sebagai objek kondisi?


  1. Variabel biasa, contohnya sudah di atas
  2. Variabel GET anda bisa baca selengkapnya disini.
  3. Variabel session anda bisa belajar selengkapnya disini.
Terima kasih..


Popular posts from this blog

Cara Membuat Kalkulator Dengan Java Script

Cara membuat Link ke Halaman lain dan Link ke bagian Halaman

Aplikasi CRUD menggunakan Template Admin LTE