Fungsi Mysqli pada PHP

Pada tulisan saya kali ini, saya akan merangkum mengenai fungsi-fungsi Mysqli yang wajib anda ketahui. Tetapi sebelum itu anda harus tau apa itu fungsi Mysqli. Fungsi Mysqli memungkinkan kita mengakses database MySQL menggunakan PHP. Mysqli sendiri dirancang untuk MySQL versi 4.1.13 atau yang lebih baru. Jadi singkatnya fungsi mysql sudah digantikan dengan mysqli yang lebih baru.
No Fungsi Keterangan Contoh
1. mysqli_connect() Untuk koneksi ke server mysqli_connect("localhost","root","","db_crud")
Contoh penggunaan:
$con = mysqli_connect ("localhost", "root", "", "db_crud");
2. mysqli_query() Untuk mengirimkan perintah query. Terdiri dari dua parameter yaitu: koneksi, dan SQL mysqli_query($con,$sql)
Contoh penggunaan:
$sql="Select * from tbl_admin";
$hasil = mysqli_query($con, $sql);
3. mysqli_fetch_array() Mengambil hasil baris sebagai asosiatif , array numerik , atau keduanya. Singkatnya untuk menampung baris tabel menjadi array mysqli_fetch_array($hasil)
Contoh penggunaan:
$row=mysqli_fetch_array($hasil);
echo $row['nama_admin];
4. mysqli_num_rows() Mengambil jumlah baris di dalam tabel. mysqli_num_rows($hasil)
Contoh penggunaan:
$hasil=mysqli_query($con, $sql);
$jlh=mysqli_num_rows($hasil);
echo $jlh;
Untuk aplikasi crud anda dapat memahami empat fungsi tersebut saja.

#mysqli_connect();
Fungsi mysqli_connect() biasanya dituliskan disebuah file bernama koneksi.php atau config.php maupun nama lainnya. Koneksi ke database dalam satu sistem biasa hanya dituliskan dalam sebuah file. Tujuannya adalah agar apabila terjadi perubahan koneksi, maka kita cukup mengubahnya malalui sebuah file saja. Lalu bagaimana dengan penggunaan koneksi di setiap fungsi mysqli_query(); ?. Jawabanya file yang berisi koneksi kedatabase cukup di includekan saja dan digunakan kembali.

#mysqli_query();
Fungsi mysqli_query() biasa dituliskan disetiap halaman yang berinteraksi dengan database. Fungsi ini membutuhkan dua buah parameter di dalamnya yaitu string koneksi dan string SQL dan kedua-duanya harus diisi dengan benar. Dengan kata lain, fungsi mysqli_query() adalah untuk mengirimkan perintah query ke database mysql. Mysqli_query() memiliki dua kemungkinan hasil, yaitu terdapat nilai balik dan tidak ada nilai balik. Contoh pada query select memiliki nilai balik, sedangkan pada query delete pasti tidak ada nilai baliknya. Mysqli_query() yang memiliki nilai balik akan ditampung kedalam variabel untuk di proses selanjutnya.

#mysqli_fetch_array();
Fungsi mysqli_fetch_array() merupakan kelanjutan dari mysqli_query() yang memiliki nilai balik. Sedangkan nilai balik dari mysqli_query() adalah tabel.

Karena nilai baliknya adalah tabel maka perlu dipecah menjadi array. Maka mysqli_fetch_array() fungsinya adalah untuk membagi tabel kedalam array yang di index kan menggunakan nama field.
Contoh: $row=mysqli_fetch_array($hasil); maka memecah arraynya menjadi misal: $row['nama'], nama adalah index yang bisa diganti dengan angka 1 sesuai urutan.

#mysqli_num_rows()
Fungsi mysqli_num_rows() merupakan kelanjutan dari mysqli_query() yang memiliki nilai balik. Output nya hanya satu nilai yaitu jumlah baris di dalam tabel. Contoh penggunaan nya pada login, yaitu kalau ada nilai balik dari query yang datanya minimal 1 baris, maka login berhasil.

Sekian dan Terima Kasih, Salam semangat. Membuat kode itu mudah!.

Popular posts from this blog

Cara Membuat Kalkulator Dengan Java Script

Cara membuat Link ke Halaman lain dan Link ke bagian Halaman

Aplikasi CRUD menggunakan Template Admin LTE