Cara Menginstall Laravel

Laravel adalah framework php yang sangat populer saat ini. Banyak pengembang yang memilih laravel sebagai framework nya. saat saya ditawarkan projek web, sering pemilik projek meminta laravel sebagai frameworknya. tentunya menjadi pertanyaan bagi saya yang terus belajar pembuatan aplikasi berbasis web. mengapa laravel begitu di idolakan banyak pengembang? ternyata banyak fitur yang ditawarkan dilaravel. mulai dari keamanan, pengolahan database, laporan, export dan import data sudah dibantu laravel untuk memudahkan pengerjaan.

Sekali anda menggunakan framework anda tidak akan ingin kembali ke php native. kenapa? karena kita akan dimanjakan dengan fiturnya dan sangat lama jika dibangung sendiri. lantas jika kita ingin menggunakan php native dan kehilangan fitur misalkan untuk keamanan kita rela?, tentu tidak. itu sebabnya ketika sudah menggunakan framework sulit untuk kembali ke native. tetapi menurut saya anda harus belajar dulu php native dan oop pada php sebelum menggunakan framework. karena jika anda tidak paham dasar, maka banyak kebingungan yang akan dihadapi nantinya. jadi framework itu untuk memudahkan bagi pengembang yang sudah paham dasarnya.

Jika anda ingin penjelasan yang lebih lengkap anda dapat melihat di situs resminya. namun berbahasa inggris he he. sebelum menginstall laravel pastikan xampp sudah ada. pada xampp ini php, dan mysql dipaketkan. 

Laravel memiliki server build-in. jadi kita tidak harus meletakkan projek di htdocs. terserah di drive mana. namun jika anda ingin meletakkan di htdocs dan dipanggil seperti biasa juga bisa. baik langsung saja kita install laravel nya di windows.

buka command line.

saya asumsikan anda sudah menginstall composer.

cd c:\xampp\htdocs

tergantung lokasi penginstallan xampp anda.

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel projek_laravel

pastikan komputer anda terkoneksi dengan internet.

  • create-project perintah untuk membuat projek
  • --prefer-dist perintah untuk menginstall laravel versi stabil terbaru atau yang direkomendasikan
  • projek_laravel nama projek
Setelah install berhasil kita dapat menjalankannya dengan 2 cara.
dengan mengakses: http://localhost/projek_laravel/public/
cara ini bisa dilkakukan karena kita menginstall di htdocs

cara kedua dengan command line menjalankan server bawaan laravel
perintahnya: php artisan serve
E:\xampp\htdocs\projek_laravel>php artisan serve
Laravel development server started: http://127.0.0.1:8000
pastikan kita masuk kedalam folder projek.
akses dengan: http://localhost:8000/ atau http://127.0.0.1:8000

selamat laravel berhasil diinstall dan dijalankan. untuk stop server laravelnya tekan ctrl+c pada command line. jika ada kesalahan atau masukkan silahkan tiggalkan di kolom komentar. terimakasih.




Popular posts from this blog

Cara Membuat Kalkulator Dengan Java Script

Cara membuat Link ke Halaman lain dan Link ke bagian Halaman

Aplikasi CRUD menggunakan Template Admin LTE