Belajar View di Laravel dengan Template Admin LTE



View pada laravel adalah bagian yang menangani tamplilan pada halaman web. Laravel mengusung metode MVC (Model View Controller) yang memisahkan antara Model (database) View (tampilan) dan Controller (pengontrol). Di laravel, view dituslikan pada direktori resource/views dengan format.

namafile.blade.php

view di laravel memiliki keunggulan dari segi penulisan kode php. umumnya untuk tampilan dalam pemrogramman web menggunakan html. yang berarti php menjadi tamu di file tersebut. dan diharuskan untuk dibungkus dengan php buka <?php dan php tutup ?> yang membuat baris kode semakin banyak. di template engine blade kita tidak perlu menuliskan terlalu banyak kode php. syntax dari kode php yang di tuliskan di view pun tidak lagi sama dengan kode php umumnya. sehingga kita harus mengikuti format yang dibuat oleh laravel dalam template engine blade nya.

untuk membuat view kita tidak dibantu oleh commad line sehingga kita harus membuatnya sendiri dari editor. secara umum ada tiga langkah yang harus dilakukan untuk sampai ke view.

#langkah-langkah membuat view secara umum

silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Route yang dibutuhkan (web.php).

Route::get('/siswa', 'SiswaController@index');

2. Controller yang dibutuhkan (SiswaController.php).

<?php
namespace App\Http\Controllers;
use Illuminate\Http\Request;
class SiswaController extends Controller
{
    public function index(){
    $nama='Indah';
    $alamat='Medan';
    return view('siswa.siswa_index',['nama' => $nama]);
    }
}

siswa.siswa_index artinya siswa adalah nama folder pembungkusnya dan siswa_index adalah nama file dari siswa_index.blade.php. ['nama' => $nama] adalah data yang akan di passing ke view dalam bentuk array.

3. buat view nya (siswa_index.blade.php).

perhatikan susunan direktori berikut.

  • resources
    • views
      • siswa
        • siswa_index.blade.php
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Data Siswa</title>
</head>
<body>
<h1>Data Siswa</h1>
<div>
Nama: {{$nama}}
</div>
</body>
</html>

Pada contoh ini kita sudah melakukan passing data dari controller ke view berupa variabel $nama.

#Menyiapkan View Template Admin LTE di Laravel
Ditutorial sebelumnya kita sudah pernah menyusun template admin LTE untuk php native dan CodeIgniter. Konsep yang saya pakai sama untuk template laravel ini. dari contoh ini anda dapat mengembangkan penyusunan template yang lebih baik lagi. dan jangan berhenti belajar hal baru.



perhatikan gambar file master_tabel.blade.php di atas. fungsi include ditemplate engine konsepnya sama dengan kode php umumnya. yaitu memasukkan isi file lain ke dalam file yang memanggil. ditulis dengan @include('url')

hampir sama cara kerjanya dengan @include('url'), @yield('namabagian') juga memasukkan sebagian isi file dari tutrunan file tersebut (extends) yang ditandai dengan @section('namabagian').


section di atas akan dikirim masuk ke dalam yield sesuai dengan namanya (breadcrumb/content). terakhir semua hasilnya diambil kembali dengan peritah @extends('master_tabel'). lihat pemanggilannya di controller.

<?php
namespace App\Http\Controllers;
use Illuminate\Http\Request;
class SiswaController extends Controller
{

    public function index(){
    $nama='Indah';
    $alamat='Medan';
    return view('siswa.siswa_index');
    }
}

dapat di lihat view yang dipanggil adalah siswa_index.blade.php, bukan master_tabel.blade.php. lihat hasil nya di bawah ini.


Silahkan download. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Cara Membuat Kalkulator Dengan Java Script

Cara membuat Link ke Halaman lain dan Link ke bagian Halaman

Aplikasi CRUD menggunakan Template Admin LTE