Perbedaan Antara Web Desain dengan Web Programming

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan perbedaan antara web desain dengan web programming. Pemahaman ini baik untuk anda yang ingin belajar web, sehingga sesuai dengan minat dan bakat dalam diri anda. Web desain dari bahasanya berarti kegiatan mendesain untuk sebuah web sedangkan web programming adalah kegiatan membuat program untuk sebuah web agar menghasilkan suatu aplikasi.

Perbedaan antara web desain dengan web programming


Perbedaan Antara Web Desain dengan Web Programming terletak dari kegiatan yang dilakukan yaitu mendesain dan memprogram. Website sendiri adalah sebuah aplikasi komputer yang hampir sama dengan aplikasi lain berbasis desktop, dimana aplikasi dapat di kelompokan menjadi dua bagian yaitu bagian desain dan bagian program. Jika diibaratkan desain adalah fisiknya sedangkan program adalah jiwa atau otaknya.

Seorang web desainer untuk mendesain sebuah halaman web setidaknya harus memahami beberapa bahsa seperti html, css, dan java script. Bahasa HTML dan CSS untuk mengatur / mendesain web sehingga tampil baik sedangkan java script digunakan untuk memberikan respon yang baik dari sebuah web. Pada web desain aplikasi yang tidak kalah penting adalah photoshop, karena web yang cantik juga mengandalkan gambar. Pada pembuatan website, kegiatan ini disebut bagian front end.

Seorang web programming untuk memprogram sebuah web setidaknya memahami beberapa bahasa seperti PHP dan java script. Secara singkat programing adalah kegiatan membuat sebuah logika untuk menghasilkan sesuatu. Contoh sederhana dari kegiatan programming adalah penjumlahan, pengurangan dan sebagainya. Contoh rumitnya adalah menginput data ke database, memproses data dan sebagainya. Kegiatan logika tersebut tidak terdapat di desain melainkan di programming.  Pada pembuatan website kegiatan ini disebut bagian Back end.

Jika kegiatan desaign dan program dilakukan secara keseluruhan maka orang tersebut disebut full stack developer.

Kegiatan web desain berada disisi client (web browser seperti mozila firefox) sehingga tidak membutuhkan server. Hal tersebut karena HTML, CSS dan java script berjalan di web browser.

Kegiatan web programming berjalan disisi serve umumnya dan client dalam keperluan tertentu, sehingga memerlukan bantuan server untuk bekerja.

Sekian penjelasan dari saya dan terima kasih telah membaca artikel ini.



Popular posts from this blog

Cara Membuat Kalkulator Dengan Java Script

Cara membuat Link ke Halaman lain dan Link ke bagian Halaman

Aplikasi CRUD menggunakan Template Admin LTE