Membuat Database MySQL

Hampir semua aplikasi termasuk web membutuhkan database. Database adalah tempat menyimpan data secara permanen, artinya data tidak hilang meskipun aplikasi ditutup. Banyak sekali aplikasi database management sistem dipasaran, baik berbayar maupun gratis.

MySQL adalah software database management sistem yang banyak digunakan orang maupun perusahaan untuk menyimpan data. Berikut ini kelebihan dari database MySQL:
  1. Merupakan aplikasi database open source
  2. Referensi dan dokumentasi lengkap
  3. Portabel
  4. Ringan
MySQL menggunakan bahasa yang sama dengan database umumnya yaitu Structure Query Language (SQL). Sehingga kita mudah beradaptasi dari software DBMS lain ke MySQL. 

Kita dapat mendownload MySQL saja atau satu paket dengan software lainnya. Pada tutorial ini saya menggunakan paket XAMPP yang lengkap dengan Apache. Jika belum memiliki xampp ikuti link ini

Langsung saja saya akan menjelaskan bagaimana membuat sebuah database dengan satu tabel di MySQL menggunakan front-end dari phpmyadmin.

Langkah pertama jalankan Apache dan MySQL dari control panel. Selanjutnya kita akan membuat database menggunakan front-end bawaan xampp yaitu phpmyadmin. Buka web browser dan ketikkan "localhost/phpmyadmin".


Selanjutnya.


Selanjutnya.


Ketikkan nama tabel tbl_mahasiswa dan jumlah kolom 4 kemudian klik go. 


Untuk tahap awal belajar, anda cukup memperhatikan beberapa bagian berikut:
  1. Name
  2. Type
  3. Length/Value
  4. Index
  5. Tombol Save
Ketika anda memilih primary pada index maka muncul jendela berikut dan klik Go. Field atau kolom yang dijadikan primary cukup "nim".


Selanjutnya akan tampil seperti berikut.


Klik Tab Browse untuk melihat isi tabel dan tab Structure untuk melihat struktur tabel. Isi tabel dan struktur tabel adalah dua tampilan berbeda yang perlu anda ingat. selanjutnya masukkan sebuah data melalui tab Insert.


Cukup bagian value saja yang anda isi selanjutnya Klik Go. Selamat anda sudah berhasil membuat sebuah database.

Database Tabel Isi Tabel

Terima Kasih 😀😀

Popular posts from this blog

Cara Membuat Kalkulator Dengan Java Script

Cara membuat Link ke Halaman lain dan Link ke bagian Halaman

Aplikasi CRUD menggunakan Template Admin LTE