Sistem Informasi Akademik

Kali ini saya akan membagikan prototype sebuah sistem informasi akademik. Prototype adalah cikal bakal dari pengembangan sistem secara utuh. Prototyping adalah metode pengembangan perangkat lunak untuk mempercepat pengembangan sistem karena biasanya sistem dibuat secara berulang. 

Saya membuat prototype ini untuk memudahkan pengembangan sistem lainya yang menggunakan alur proses yang mirip atau sama. Sering kali programer lebih memilih membuat sendiri koding dari awal dari pada menggunakan buatan orang lain karena beberapa alasan.
  1. Keterbatasan pengetahuan pemrograman
  2. Seni atau cara koding yang berbeda
  3. Membuat program yang lebih baik
  4. Kurang percaya dengan program orang lain soal keamanan
Dari alasan-alasan tersebut alangkah baiknya kita membuat sendiri program agar paham seluk-beluk kode di dalamnya. Namun ada beberapa alasan kita mempelajari kode orang lain.
  1. Update skill
  2. Update perkembangan kode
  3. Belajar dari orang lain
Baik langsung saja berikut ini adalah Entity Relationship Diagram dari prototype yang dibangun.

ERD di atas adalah model tabel. ERD model ini lebih mudah dibuat dan tidak memungkinkan terjadi relasi many to many. Berikut tabel yang digunakan di sistem informasi akademik.
  1. Tabel Kelas
  2. Tabel Matakuliah
  3. Tabel Prodi
  4. Tabel KRS
  5. Tabel Mahasiswa
  6. Tabel Ruangan
  7. Tabel Dosen
  8. Tabel User
Untuk pemodelan proses/bisnis sayangnya saya belum selesaikan ketika saya menulis artikel ini. Untuk desain biasanya saya langsung lakukan pada saat pengkodingan.

Berikut ini saya tampilkan halaman home dari prototype sistem informasi akademik yang saya buat.


Download projek disini.
Login
username: admin@admin.com
password: password

Terima Kasih.

Popular posts from this blog

Cara membuat Link ke Halaman lain dan Link ke bagian Halaman

Cara Menggunakan Template Admin LTE Sebagai Template Web Dinamis

Cara Membuat Kalkulator Dengan Java Script